Kamis, 08 Mei 2014

MAKALAH MICROSOFT WORD


MAKALAH KOMPUTER





BAB I
PEMBAHASAN

A.    PENGENALAN MICROSOFT WORD
1.    Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word / Ms Word merupakan aplikasi pengolahan kata yang paling  banyak digunakan diseluruh dunia. Dalam membuat sebuah laporan atau hal-hal yang berhubungan dengan pengolahan kata, Aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan pekerjaan. 

2.    Membuka dan Menutup Microsoft Word
a.    Cara membuka Microsoft Word
Ada dua cara membuka Microsoft Word, diantaranya :
-          Melalui Menu start
·      klik tombol START
·      Arahkan pointer mouse untuk menampilkan menu program
·      klik pada menu program untuk menampilkan sub menu
·      Klik microsoft word
Tunggu sampai keluar lembar kerja word

gambar1
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs
-          Melalui shortcut di desktop
·         dobel klik shortcut word / klik kanan kemudian open / klik kemudian tekan enter
·         Tunggu sampai keluar lembar kerja word
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8tEvbI84cK8WJxqZcfpP0Z0CGN3J258bu5O2vyuxUTF-Dt1bCaMNhSRg3YFfu-Yyuy62euMrwoXQaq9MWWbu9ct7A1ZMz1PXC0k0cpV68beFcr_u6MHe44sNCRDsc2VgDdSDm2mlPDmU/s320/membuka-ms-excel-2003-2_thumb.jpg

b.    Cara menutup Microsoft Word
·      Klik “X” di pojok kanan atas dokumen.
 menutup aplikasi ms word
·      Jika seluruh file MS Word yang tengah terbuka, ditutup dengan cara ini, maka jika secara otomatis aplikasi MS Word juga akan tertutup.


3.    Pengenalan Tampilan Pertama Microsoft Word
Sebelum kita memulai bekerja pada worksheet Ms.Word ada baiknya kita mengenal menu maupun submenu yang terdapat pada Ms. Word. Hal ini menjadi penting sebagai ilmu tambahan dan informasi penting yang dapat mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan kita pada worksheet Ms Word.


Ms Word 2007
Tampilan Menu Ms Word 2007


Penjelasan :

Quick Acces Toolbar
Kumpulan tombol yang bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai keinginan kita.

Title Bar
Judul dokumen yang kita buat. Pertama kali dibuka bernama Document1.

Tab Ribbon
Deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa grup. Masing – masing grup dikelompokkan fungsinya masing – masing.

Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi, dikumpulkan di sini. Perintah – perintah tersebut ditandai dengan gambar (icon).

Vertical Scroll Bar
Untuk menggulung lembar kerja ke atas dan ke bawah.

Horizontal Scroll Bar
Untuk menggulung lembar kerja ke kanan dan kekiri.

View Mode
Untuk mengatur mode tampilan yang terdiri atas printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.

Zoom Slider
Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja.

Close Button 
Digunakan untuk menutup dokumen yang aktif. 

- Microsoft Office Button
Ms Word 2007






Penjelasan :
1.    New untuk membuat file dokumen kosong baru
2.    Open untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3.    Save untuk menyimpan file dokumen aktif
4.    Save As untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
5.    Print untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6.    Prepare untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
7.    Send untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
8.    Publish untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
9.      Close untuk menutup file dokumen aktif.

4.      Menyimpan Dan Membuka Dokumen







Setelah pengenalan tentang areal kerja ms word, Sekarang saatnya mencoba membuka dokumen MS Word yang sudah ada. Ada 2 cara yang bisa dipilih:

drop menu open file word

1.  Klik menu office button → Open , ( langkah pertama ).

2.  Menekan tombol Ctrl+O pada keyboard (shortcut), ( langkah kedua ).


Setelah Anda memberikan perintah membuka/open file, di layar Anda akan muncul sebuah kotak (dialog box) seperti di bawah ini:
 membuka file pada ms word

Beberapa cara membuka file:

·         Sorot file yang akan dibuka dengan mouse, misalnya dari contoh di atas adalah KTI MS’13.doc, kemudian klik 2 kali (double-click) file tersebut.

·         Sorot file yang akan dibuka dengan mouse, klik 1 kali, kemudian tekan tombol Open untuk membuka file.

·         Ketikkan nama file yang akan dibuka di kotak File name, kemudian tekan tombol Open.


Setelah file MS Word terbuka, Anda akan mendapatkan kembali layar MS Word Anda dengan isi sesuai dengan file MS Word yang Anda buka.
Cobalah ketikkan sebuah kalimat baru di bawah kalimat-kalimat yang muncul di file yang Anda buka.
Misalnya ketikkan: “Saya sedang membaca tutorial MS Word”.
Kemudian lakukan penyimpanan terhadap file yang baru saja Anda modifikasi. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk melakukan penyimpanan, antara lain:

save dokumen ms word
Save MS Word 2007
·         klik menu office button → Save. Gambar di atas merupakan tampilan MS Word 2007, untuk 2010, ketika kita menyimpan file maka untuk eksistensinya dapat dirubah pada dialog box save. Perhatikan gambar sebelumnya, di kolom bawah nama file terdapat kotak yang berisi macam-macam eksistensi file MS Word.
·         save as itu digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru. Sedangkan save untuk menyimpan dokumen dengan nama yang sama. Dengan menekan kombinasi Ctrl+S (shortcut) save (bukan save as).
File yang Anda buka tadi akan tersimpan kembali berikut modifikasi yang telah Anda buat.


B.   EFEK CETAKAN
1.    Format Font Dan Paragraf
-          Format font
1. Sorot teks yang akan di rubah.
2. Kemudian pilih jenis Font yang akan di gunakan pada Ribbon Home.

Cara Mengatur Format Teks di Microsof Word 2007 1


3.  Kemudian anda bisa memilih ukuran font

Cara Mengatur Format Teks di Microsof Word 2007 2

4.    Jika ada pengaturan lanjutan maka anda bisa menekan tanda panah pada group font (klik Ctrl + D).

Cara Mengatur Format Teks di Microsof Word 2007 3

5. Aturlah Format Font sesuai keinginan anda kemudian klik OK.

Penjelasan :

·         Jenis font untuk Mengubah jenis font
·         Font size untuk Mengubah ukuran font
·         Grow font untuk Memperbesar font
·         Shrink font untuk Memperkecil font
·         Clear formatting untuk Menghapus format font yang sudah dibuat
·         Bold untuk Memberi efek cetak tebal pada font
·         Italic untuk Memberi efek cetak miring pada font
·         Underline untuk Memberi efek garis bawah pada font
·         strikethrough untuk Memberi efek cetak coret pada font 
·         Subscript untuk Memberi efek cetak atas pada font
·         Change case untuk Mengubah bentuk penulisan huruf atau font menjadi huruf besar,huruf kecil,dsb
·         Highlight untuk Memberi warna latar pada teks dengan warna yang highlight atau mencolok
·         Font color untuk Menentukan atau mengatur  warna teks

-          Paragraph

Jika di Microsoft Word 2003/XP kita bisa menjumpai pengaturan paragraf di Menu Format – Paragraph. tetapi lain halnya jika kita menggunakan Microsoft Office Word 2007, pengaturan paragraph langsung bisa kia jumpai di Tab Menu Home, untuk lebih jelasnya liat gambar dibawah ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiooT9_5UP54CbhUIxNhNefZu8DgHM-JyvldgpGgCAqvdxSbhpi7EaMeZrmRCp6JymWMHvjNFCmRj_1eGuhWy1E5zvvMBwDlLvcsOc52TO1qkBpVAQQjDxPcBelRvwo1O5h15B3dFflcUc/s320/paragraph.jpg

Klik tanda panah yang dilingkari tanda merah di sebelah kanan Paragraph, akan mencul tampilan seperti terlihat pada gambar diatas. Asiknya pada Microsoft Office Word 2007 untuk Line Spacing juga sudah ditampilkan di Tab Menu Home dengan simbol seperti terlihat pada gambar dibawah:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheM46kNgZo8GUMvlI3CCCC81z8oP2zQvwnDpaXoV5R3WA9-p71ZGbE2QF9KHTuy0h68rDX79VswEf2BuFuw2zKCIUMFgokpHLWD22xwxk2XulLyH4QZeFQ5xlwVoT6rgg_SynO38XBTeU/s320/linespacing.jpg

2.    Kolom Koran Dan Drop Cap

-  kolom koran

1) Ketik teks yang akan di buat. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi10kfzeWHZiQR7URL1HPM5vs5L9ScTLTOYUhxZAyfrXAhMl5oBGo2IBCRVngSZxx4_c9cjLED50hN01dRarpEa1Q4jt6QwFXGZONO5SfCueai4OWvQaqIs0GPcCVFfmy_W_4PL7kCFBGQ/s320/1.jpg

2) Teks yang akan dibuat kolom koran diblok

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPkMPKp-n8R5cLsGX09qzFIlsF5bpD90NpPms5RKjAwiIVn-rbADlidYxXgqbKcIzqkYUg1Sn-rvW76M-qR2XSxh5MkZ9HXQr8OAfXL2f0gUNLc6Nr2QY2NuTI8wKMEO1DxuvwVxHCeyI/s320/2.jpg

3)  Click Page Layout, lalu pilih Coloums, misalnya Three (contoh tiga colom)


4)  Click Three (untuk 3 kolom), hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.












-  Drop Cap
       
1) Kursor diletakan di awal teks, lalu klik insert, pilih Drop Cap, Sorotdrooped


2) Click Dropped maka akan tampil gambar berikut

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjw7NTkAjJc5pmZ0mKpOC4aC9KATSmKRlrb41Osg8wLPcuHYpJf7UpXanFrwW377UHrhBLb5Keo7ypL_cmHhXTDz7NZNsCaBZrbR0XJbsPUqJluBseW1ter4_zGkxU7yJCqzKfL6O8kLhM/s320/6.jpg

 
 3) Finish



3.    Bullets And Numbering

-       Bullets
Perhatikan contoh penggunaan bullet dalam kalimat berikut.
contoh penggunaan bullet
Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Tempatkan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih tombol Bullet, maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut.
Pilihan bullets
Gambar 5.46. Pilihan bullets
c) Klik pada tombol Bulleted, dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik tombol Define New Bullet untuk memilih jenis lain.
d) Klik OK untuk menutup kotak tersebut.

- Numbering

Perhatikan contoh penomoran berikut.
Perhatikan contoh berikut
Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Posisikan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih Numbering.
c) Klik pada tombol Numbered dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian klik OK untuk menutup kotak tersebut.
Pilihan format penomoran angka
Gambar 5.47. Pilihan format penomoran angka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar