MAKALAH KOMPUTER
BAB I
PEMBAHASAN
A.
PENGENALAN MICROSOFT WORD
1.
Pengertian
Microsoft Word
Microsoft Word / Ms Word merupakan aplikasi
pengolahan kata yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Dalam
membuat sebuah laporan atau hal-hal yang berhubungan dengan pengolahan kata,
Aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan pekerjaan.
2.
Membuka dan Menutup Microsoft Word
a.
Cara membuka Microsoft Word
Ada
dua cara membuka Microsoft Word, diantaranya :
-
Melalui Menu start
· klik tombol START
· Arahkan pointer mouse untuk menampilkan
menu program
· klik pada menu program untuk
menampilkan sub menu
·
Klik microsoft word
Tunggu
sampai keluar lembar kerja word
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs
-
Melalui shortcut di desktop
·
dobel klik shortcut word / klik kanan kemudian open
/ klik kemudian tekan enter
·
Tunggu sampai keluar lembar kerja word
b. Cara
menutup Microsoft Word
·
Klik
“X” di pojok kanan atas dokumen.
·
Jika
seluruh file MS Word yang tengah terbuka, ditutup dengan cara ini, maka jika
secara otomatis aplikasi MS Word juga akan tertutup.
3. Pengenalan
Tampilan Pertama Microsoft Word
Sebelum kita memulai bekerja pada
worksheet Ms.Word ada baiknya kita mengenal menu maupun submenu yang terdapat
pada Ms. Word. Hal ini menjadi penting sebagai ilmu tambahan dan informasi
penting yang dapat mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan kita pada
worksheet Ms Word.
Tampilan Menu Ms
Word 2007
Penjelasan :
Quick Acces Toolbar
Kumpulan tombol yang bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai keinginan kita. Title Bar Judul dokumen yang kita buat. Pertama kali dibuka bernama Document1. Tab Ribbon Deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa grup. Masing – masing grup dikelompokkan fungsinya masing – masing. Group Perintah yang memiliki kesamaan fungsi, dikumpulkan di sini. Perintah – perintah tersebut ditandai dengan gambar (icon). Vertical Scroll Bar Untuk menggulung lembar kerja ke atas dan ke bawah. Horizontal Scroll Bar Untuk menggulung lembar kerja ke kanan dan kekiri. View Mode Untuk mengatur mode tampilan yang terdiri atas printout, full screen reading, web layout, outline dan draft. Zoom Slider Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja. Close Button Digunakan untuk menutup dokumen yang aktif. |
- Microsoft Office Button
Penjelasan :
|
|||||||
1.
New untuk membuat file dokumen kosong baru
2.
Open untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3.
Save untuk menyimpan file dokumen aktif
4.
Save As untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
5.
Print untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6.
Prepare untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
7.
Send untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email /
faksimile
8.
Publish untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
9. Close untuk menutup file dokumen
aktif.
4.
Menyimpan Dan Membuka Dokumen
|
|
Setelah pengenalan
tentang areal kerja ms word, Sekarang saatnya mencoba membuka dokumen MS Word yang sudah
ada. Ada 2 cara yang bisa dipilih:
1. Klik menu office button → Open , ( langkah pertama ).
2. Menekan tombol Ctrl+O pada keyboard (shortcut), ( langkah kedua ).
Setelah Anda memberikan
perintah membuka/open file, di layar Anda akan muncul sebuah kotak (dialog box)
seperti di bawah ini:
Beberapa cara membuka file:
· Sorot file yang akan dibuka dengan mouse, misalnya dari contoh di atas adalah KTI MS’13.doc, kemudian klik 2 kali (double-click) file tersebut.
· Sorot file yang akan dibuka dengan mouse, klik 1 kali, kemudian tekan tombol Open untuk membuka file.
· Ketikkan nama file yang akan dibuka di kotak File name, kemudian tekan tombol Open.
Setelah file MS Word
terbuka, Anda akan mendapatkan kembali layar MS Word Anda dengan isi sesuai
dengan file MS Word yang Anda buka.
Cobalah ketikkan sebuah kalimat baru di bawah kalimat-kalimat yang muncul di file yang Anda buka.
Misalnya ketikkan: “Saya sedang membaca tutorial MS Word”.
Kemudian lakukan penyimpanan terhadap file yang baru saja Anda modifikasi. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk melakukan penyimpanan, antara lain:
Cobalah ketikkan sebuah kalimat baru di bawah kalimat-kalimat yang muncul di file yang Anda buka.
Misalnya ketikkan: “Saya sedang membaca tutorial MS Word”.
Kemudian lakukan penyimpanan terhadap file yang baru saja Anda modifikasi. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk melakukan penyimpanan, antara lain:
|
Save MS Word 2007
|
·
klik
menu office button → Save. Gambar di atas merupakan tampilan MS Word 2007,
untuk 2010, ketika kita menyimpan file maka untuk eksistensinya dapat dirubah
pada dialog box save. Perhatikan gambar sebelumnya, di kolom bawah nama file
terdapat kotak yang berisi macam-macam eksistensi file MS Word.
·
save
as itu digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru. Sedangkan save untuk
menyimpan dokumen dengan nama yang sama. Dengan menekan kombinasi Ctrl+S
(shortcut) save (bukan save as).
File yang Anda buka tadi akan
tersimpan kembali berikut modifikasi yang telah Anda buat.
B.
EFEK
CETAKAN
1. Format Font Dan Paragraf
-
Format font
1. Sorot teks yang akan di rubah.
2. Kemudian pilih jenis Font yang akan di gunakan pada Ribbon Home.
2. Kemudian pilih jenis Font yang akan di gunakan pada Ribbon Home.
3.
Kemudian
anda bisa memilih ukuran font
4.
Jika
ada pengaturan lanjutan maka anda bisa menekan tanda panah pada group font
(klik Ctrl + D).
5. Aturlah Format Font sesuai keinginan anda kemudian klik OK.
Penjelasan :
·
Jenis
font untuk Mengubah jenis font
·
Font
size untuk Mengubah ukuran font
·
Grow
font untuk Memperbesar font
·
Shrink
font untuk Memperkecil font
·
Clear
formatting untuk Menghapus format font yang sudah dibuat
·
Bold
untuk Memberi efek cetak tebal pada font
·
Italic
untuk Memberi efek cetak miring pada font
·
Underline
untuk Memberi efek garis bawah pada font
·
strikethrough
untuk Memberi efek cetak coret pada font
·
Subscript
untuk Memberi efek cetak atas pada font
·
Change
case untuk Mengubah bentuk penulisan huruf atau font menjadi huruf besar,huruf
kecil,dsb
·
Highlight
untuk Memberi warna latar pada teks dengan warna yang highlight atau mencolok
·
Font
color untuk Menentukan atau mengatur warna teks
-
Paragraph
Jika di
Microsoft Word 2003/XP kita bisa menjumpai pengaturan paragraf di Menu Format –
Paragraph. tetapi lain halnya jika kita menggunakan Microsoft Office Word 2007,
pengaturan paragraph langsung bisa kia jumpai di Tab Menu Home, untuk lebih
jelasnya liat gambar dibawah ini:
Klik tanda panah yang dilingkari tanda merah di sebelah kanan Paragraph, akan mencul tampilan seperti terlihat pada gambar diatas. Asiknya pada Microsoft Office Word 2007 untuk Line Spacing juga sudah ditampilkan di Tab Menu Home dengan simbol seperti terlihat pada gambar dibawah:
Klik tanda panah yang dilingkari tanda merah di sebelah kanan Paragraph, akan mencul tampilan seperti terlihat pada gambar diatas. Asiknya pada Microsoft Office Word 2007 untuk Line Spacing juga sudah ditampilkan di Tab Menu Home dengan simbol seperti terlihat pada gambar dibawah:
2.
Kolom Koran Dan Drop Cap
- kolom koran
1) Ketik teks yang akan di buat.
2) Teks yang akan dibuat kolom koran
diblok
3) Click Page
Layout, lalu pilih Coloums, misalnya Three (contoh tiga colom)
4) Click Three
(untuk 3 kolom), hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.
- Drop Cap
1) Kursor
diletakan di awal teks, lalu klik insert, pilih Drop Cap, Sorotdrooped
2) Click Dropped maka
akan tampil gambar berikut
3) Finish
3.
Bullets And Numbering
- Bullets
Perhatikan
contoh penggunaan bullet dalam kalimat berikut.
Langkah
untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a)
Tempatkan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b)
Klik tab Home,
kemudian pada submenu Paragraph
pilih tombol Bullet,
maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut.
Gambar 5.46. Pilihan
bullets
c)
Klik pada tombol Bulleted,
dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik tombol Define New Bullet
untuk memilih jenis lain.
d)
Klik OK
untuk menutup kotak tersebut.
- Numbering
Perhatikan
contoh penomoran berikut.
Langkah
untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a)
Posisikan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b)
Klik tab Home,
kemudian pada submenu
Paragraph pilih Numbering.
c)
Klik pada tombol Numbered
dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian klik OK untuk menutup kotak
tersebut.
Gambar 5.47. Pilihan
format penomoran angka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar